Mengatasi Morning Sickness pada Trimester Pertama Kehamilan

Mengatasi Morning Sickness pada Trimester Pertama Kehamilan. Ibu hamil pada umumnya mengalami mual dan muntah ketika pagi hari pada masa-masa awal kehamilannya. Hal ini disebut dengan morning sickness. Pada wanita, morning sickness terjadi karena adanya perubahan hormon saat kehamilan.

Mengatasi Morning Sickness pada Trimester Pertama Kehamilan

Mengatasi Morning Sickness pada Trimester Pertama Kehamilan

Ketika hamil produksi hormon esterogen dan progesteron meningkat sehingga berpengaruh pada neuron dan beberapa fungsi tubuh lainnya. 70% wanita mengalami mual pada masa awal kehamilannya dan 50% wanita mengalami muntah. Pada beberapa kasus, morning sickness dapat dialami oleh ibu hamil sepanjang hari, baik pada pagi, siang, sore maupun malam hari.

Gejala ini akan dialami oleh ibu hamil pada mingu ke-6 masa kehamilan dan memuncak pada minggu ke-8 atau minggu ke-9. Setiap ibu hamil akan mengalami gejala yang berbeda dikarenakan perbedaan hormon dan daya tahan tubuh yang dimiliki. Mitos Kehamilan Yang Perlu Diketahui

Mengenal lebih jauh tentang morning sickness

Morning sickness merupakan gejala yang sangat umum sekali muncul pada ibu hamil. Namun terkadang muncul kekhawatiran apakah morning sickness memiliki efek yang berbahaya. Seperti sudah diketahui bahwa morning sickness terjadi karena adanya perubahan hormon pada trimester pertama kehamilan.

Sebenarnya morning sickness yang dialami secara normal, dalam artian masih bisa diatasi oleh ibu hamil tidaklah berbahaya. Namun jika morning sickness yang dialami terlalu berlebihan misalnya hingga menyebabkan ibu hamil tidak bisa mengkonsumsi makanan sama sekali, mual ketika mengkonumsi air sehingga menyebabkan dehidrasi maka hal ini perlu sedikit diwaspadai. Diet Sehat Setelah Melahirkan

Biasanya morning sickness yang terlalu berlebihan terjadi bukan karena perubahan hormon melainkan karena adanya sindrom hiperemesis gravidarium. Oleh karena itu , jika mengalami hal yang demikian sebaiknya ibu hamil segera memeriksakan diri dan berkonsultasi ke dokter.

Mengatasi morning sickness

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengatasi morning sickness. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi morning sickness pada trimester pertama kehamilan :

1. Mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang kecil

Tidak dipungkiri bahwa sedikit banyak morning sickness akan mengganggu jumlah nutrisi yang diterima oleh ibu hamil. Satu hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasinya adalah membuat jadwal makan. Usahakan untuk selalu makan dengan porsi kecil sesuai jadwal yang telah ditentukan. Hal ini bertujuan untuk membiasakan sistem pencernaan bekerja dengan waktu yang sudah terjadwal. Jangan lupa untuk memilih makanan dengan kandungan nutrisi yang sesuai dalam menunjang perkembangan janin.

2. Sedikit jeda ketika bangun pagi

Saat bangun tidur usahakan untuk tidak langsung beranjak dari tempat tidur. Cobalah untuk duduk sebentar dan bangun perlahan-lahan. Beberapa ibu hamil menyediakan biskuit untuk membantu mengurangi mual pada pagi hari.

3. Menghindari konsumsi makanan pedas dan berlemak

Sebaiknya Anda menghindari menghindari konsumsi makanan pedas dan berlemak untuk membantu mengurangi rasa mual yang dirasakan.

Originally posted 2017-12-02 03:52:03.

%d blogger menyukai ini: