Khasiat Daun Sukun yang Belum diketahui

Diposting pada

Banyak orang hanya mengetahui kalau Sukun itu enak jika dijadikan kudapan baik digoreng maupun direbus. Tapi apakah kita mengetahui, jika Khasiat Daun Sukun jauh lebih memberikan manfaat untuk kita dibandingkan buahnya? Mari kita simak manfaat dan cara konsumsi daun sukun agar berkhasiat bagi tubuh kita. Namun, sebelum membahas khasiat daun sukun tersebut, mari kita pelajari seperti apa tanaman yang kita sebut sukun.

Silsilah Pohon Sukun

Sukun dalam bahasa kerennya Artocarpus communis merupakan jenis pohon dari genus Artocarpus dengan famili Moraceae yang sering ditemukan di iklim tropis seperti Indonesia. Pohon ini biasanya mencapai ketinggian hingga 20 meter. Buah Sukun banyak di jadikan kudapan bagi masyarakat Indonesia khususnya Pulau Jawa. Buah Sukun dibentuk dari keseluruhan kelopak bunganya, dengan bentuk yang menyerupai bola yaitu bulat. Sebagian masyarakat menggunakan buah ini sebagai makanan alternatif pengganti beras. Pohon ini dapat berbuah dua kali dalam setahun tanpa mengenal musim panen raya seperti layaknya buah mangga atau sejenisnya. Kulit pohon sukun berciri khas hijau dan ketika sudah masak akan berubah kekuningan.

Kandungan PohonSukun

Dengan mengkonsumsi sebuah buah sukun, kita memperoleh banyak manfaat serta nutrisi yang melimpah. Buah sukun yang telah masak banyak mengandung unsur vitamin C, riboflavin, niasin, karbohidrat, kalium, natrium, thiamin, kalsium, dan zat besi.

Sedangkan pada sebuah batang pohon memiliki zat yang sangat berbeda dengan bagian pada buah sukun. Bagian kulit kayu pohon sukun dapat dijumpai  senyawa turunan dari zat flavanoid yang terprenilasi, yaitu sikloartobilosanton dan artonol B. Zat Flavanoid berdasarkan literatur merupakan senyawa polifenol yang secara umum mempunyai struktur phenylbenzopyrone (C6-C3-C6). Zat senyawa ini dan turunannya telah terbukti sebagai cancer prevention yang baik.

Bagian batang pohon khususnya kayu menghasilkan  batang yang berwarna putih kekuningan dan bersih. Batang kayu dapat dimanfaatkan untuk menjadi papan kotak namun tidak sebaik seperti Kayu pada umumnya . Di daerah Ambon, Kulit kayunya digunakan sebagai ramuan untuk wanita yang telah melakukan persalinan.

Khasiat Daun Sukun Kering

Daun Sukun Kering memiliki banyak khasiat? Beneran? Mungkin itu yang pertama kali kita pikirkan. Berdasarkan studi literatur, tidak hanya buah, kulit maupun batang pohon sukun yang memiliki banyak zat kimia namun beberapa zat kimia (senyawa-senyawan) yang baik bagi tubuh ditemukan dalam daun sukun yang telah kering. Bahkan beberapa penelitian menilai,  zat anti inflamasi, asam hidrosianat, asetikolan, riboflavin, anti oksidan tinggi dan juga tanin ditemukan dalam sebuah daun sukun yang kering. Oleh karena itu, admin haisehat.com ingin membahas khasiat-khasiat daun sukun kering bagi para sobat sekalian.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Makanan yang berlemak jenuh dan trans biasanya mengandung banyak kolesterol atau meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kedua Jenis lemak tersebut berasal dari macam-macam daging yang mengandung lemak seperti lemak pada daging babi, sapi,kulit daging ayam, bebek dan minyak goreng yang berasal dari pohon sawit. Kolesterol yang tinggi biasanya menimbuh dalam tubuh dan jika dalam jangka lamanya dapat menyebabkan penyakit jantung serta stroke.

Sukun (Daun) yang telah dikeringkan dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan mengkonsumsi secara rutin, dapat mengeluarkan kolesterol melalui air seni ataupun tinja.

2. Mengobati Penyakit Ginjal

Gagal ginjal merupakan istilah bagi penyakit ginjal. Penyakit yang terbilang menakutkan ini memaksa penderita harus mencuci darah secara rutin bahkan ada yang 1 minggu sekali. Efek dari cuci darah adalah tubuh yang lemas dan kejenuhan yang berkesinambungan. Daun sukun kering ternyata juga mampu menjadi obat yang sangat manjur bagi para penderita gagal ginjal. Senyawa khusus yang dimiliki oleh daun kering ini dapat mendorong efek diuretik. Jika penderita rajin mengkonsumsi daun kering dari pohon sukun selama beberapa bulan, diyakini oleh banyak orang dapat mengobati secara maksimal .

3. Menangkal Pembentukan Sel Kanker

Penyebab utama tumbuhnya sel kanker adalah rusaknya sel-sel sehat yang berada dalam tubuh. Hal ini diakibatkan oleh zat radikal bebas yang berasal dari makanan maupun lifesytle. Karena zat radikal bebas itu, sel-sel yang dahulunya sehat berubah dan bermutasi sehingga menjadi sel-sel kanker. Rebusan Daun Sukun Kering kerap digunakan sebagai obat untuk preventif (pencegahan) maupun kuratif (pengobatan ketika telah sakit). Bagi para penderita kanker, biasanya rebusan ini dapat dijadikan obat alternative untuk membunuh sel-sel aktif kanker tersebut.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ paling vital yang kita miliki. Oleh karena itu, jantung yang tidak sehat (sedang sakit) dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi mulai dari stroke, diabetes atau gagal ginjal. Seperti halnya kanker yang berasal dari pola makan dan lifestyle, penyakit jantung juga disebabkan oleh kedua hal tersebut. Jika makanan / pola hidup kita tidak benar, jantung kita akan mengalami plak/penimbunan sejenis lemak dalam pembuluh darah sehingga menyebabkan pengerasan pembuluh darah. Cara menanggulangi hal tersebut dapat dengan cara mengkonsumsi air rebusan dari daun sukun kering. Disisi lain, daun sukun kering membuat tekanan darah serta aliran darah pada pembuluh darah membaik.

5. Mengobati Penyakit Liver

Bagian tubuh lainnya yang vital adalah Liver atau hati. Bagian ini berfungsi untuk mengolah racun sehingga menjadi netral dan dikeluarkan dari tubuh. Konsumsi alkohol serta rokok dapat menyebabkan liver bermasalah dan tidak dapat menetralisir racun. Hal ini yang disebut dengan penyakit liver. Rebusan dari Daun sukun yang kering dapat mengatasi peradangan liverdan mengembalikan fungsi liver ke fungsi semula. Zat kimia berupa asetilkolin yang terdapat dalam daun sukun kering berkhasiat untuk mengurangi peradangan. Dalam proses terapi, penderita penyakit liver dilarang untuk mengkonsumsi rokok dan alkohol.

Cara Membuat Rebusan Daun Sukun Kering

Rebusan daun sukun kering sebaiknya di olah dari daun yang masih menempel di ranting-ranting pohon. Admin haisehat.com akan mencoba berbagi cara untuk mengolah rebusan daun tersebut, yaitu :

  1. Ambil dua hingga tiga daun sukun yang sudah cukup tua (dapat dilihat dari karakter daun yang memiliki garis tegas dan warna hijau yang cenderung tua).
  2. Keringkan daun beberapa jam di bawah terik matahari.
  3. Setelah kering, cuci daun sukun dengan air mengalir.
  4. Haluskan daun sukun yang kering tersebut dan masukan segelas air 300ml (2 gelas) kedalam panci stainless.
  5. Rebus daun sukun kering beserta air tersebut dan tunggu hinggal menjadi kurang lebih 1 gelas (150ml)
  6. Sebelum dikonsumsi, Saringlah rebusan daun sukun tersebut.
  7. Jika terlalu pahit, dapat ditambahkan madu murni.

Semoga membantu ya sobat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *