Kacang Hijau, Nikmat dan bermanfaat.

Diposting pada

Hai, bertemu lagi dengan haisehat.com…
Sebelumnya, sudah pernah mengkonsumsi Kudapan yang berasal dari Kacang Hijau?
Pastinya sudah dong.
Mari kita mengenal kacang hijau dan manfaatnya untuk tubuh kita.

Apa itu Kacang Hijau?

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang cukup popular dan banyak dikenal di Indonesia. Banyak jenis olahan kacang hijau yang rasanya enak dan bisa diterima oleh banyak masyarakat. Misalnya; bubur kacang hijau, rempeyek kacang , dan lainsebagainya.  Meski dianggap sebagai semilan, faktanya banyak sekali manfaat kacang hijau yang dapat bermanfaat bagi tubuh.

Kacang hijau merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein, antioksidan, rendah lemak serta serat. Kacang hijau juga mengandung banyak vitamin , antara lain Vitamin A, B, C, E, K serta mengandung folat, zinc, fosfor, kalium dan zat besi. Nutrisi lain yang terkandung dalam kacang hijau adalah karbohidrat, mangan, magnesiun dan selenium yang semuanya bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Kacang Hijau

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah

Manfaat kacang hijau yang bisa didapatkan adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, kacang hijau yang mengandung serat tinggi juga bermanfaat untuk menjaga fungsi usus, memperlancar proses pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.
100 gr kacang hijau mengandung 37 Kkal dan 1,15 gr lemak. Dengan kandungan lemak yang tergolong rendah, konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu penderita kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

  1. Meningkatkan kepadatan tulang

Kacang hijau dapat menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Kandungan magnesiun pada kacang hijau dipercaya dapat menurunkan resiko osteoporosis pasca menopause pada wanita dan meningkatkan kepadatan tulang serta pembentukan sel – sel tulang.
Yang perlu diketahui adalah dalam 100gr kacang hijau, setidaknya terdapat 189 miligram magnesium. Jumlah ini cukup untuk mencegah tubuh kekurangan magnesium. Ketika SobatSehat mengoncumsi magnesium dalam jumlah yang ukup, maka resiko osteoporosis akan berkurang.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Selain menurunkan resiko osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang, manfaat kacang hijau yang biasa diolah menjadi bubur kacang hijau adalah baik dikonsumsi oleh penderita diabetes , karena kandungan magnesiumnya. Tidak hanya itu, khasiat kacang hijau lainnya adalah baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan gejala sindrom pramenstruasi.
Kacang hijau mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah, kacang hijau adalah makanan yang cukup baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karenanya manfaat kacang hijau juga sekaligus menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Menjaga kesehatan kulit serta rambut

Protein dan zinc yang terkandung dalam kacang hijau aktif menjaga kesehatan kuku dan rambut. Disisi lain, kacang hijau dapat membantu meremajakan kulit berkat kandungan phytoestrogen yang membantu memproduksi kolagen dan menjaga kulit tetap elastis, lembut, serta mencegah penuaan dini.

5. Menunjang sistem kekebalan tubuh

Dikarenakan kadar protein yang cukup tinggi, kacang hijau merupakan alternatif bagi orang yang vegetarian atau tidak suka mengkonsumsi daging. Kandungan Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam menunjang sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak gampang terserang penyakit maupun virus.

6. Menjaga kesehatan si bayi dalam janin

Selain Protein, Asam folat di dalam kacang hijau cukup tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau dalam masa kehamilan. Kacang Hijau juga berkhasiat mencegah keguguran, lahir dengan berat badan rendah, kelahiran prematur.

Selain itu, khasiat kacang hijau mengandung thiamin (vitamin B1) yang berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Fungsi thiamin juga berguna untuk membantu perkembangan otak bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *