Gejala Awal GERD dan Pencegahan Secara Alami

2 min read

Pencegahan Dan Gejala Awal penyakit GERD – Gastroesophalgeal Reflux Disease atau sering disingkat GERD merupakan penyakit yang disebabkan naiknya asam lambung ke eskofagus, melebihi jumlah normalnya.

Kemudian asam lambung ini akan membuat kerongkongan merasakan sensasi panas, mual, kesulitan menelan, hingga muntah.

Jika Anda mengalaminya, tips mencegah penyakit GERD dari gejala awal gerd ini bisa Anda terapkan untuk mengurangi kambuhnya penyakit ini ke depannya.

Penyebab Penyakit GERD / Asam Lambung

Penyebab penyakit asam lambung ini ialah ketika asam lambung naik ke kerongkongan terjadi ketika dimana otot kerongkongan bagian bawah atau yang disebut dengan “otot LES” anda melemah.

Otot Les ini yang seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan yang anda cerna turun ke lambung. Bilamana otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan.

Gejala Awal Sakit GERD

Gejala awal gerd yang terjadi akibat asam lambung naik yaitu rasa pahit pada mulut dan sensasi perih terbakar di dada, dan ulu hati. Keadaan ini semakin memburuk ketika penderita melakukan kegiatan seperti : membungkuk, berbaring bahkan setelah makan.

Namun berikut Gejala awal GERD dan pada saat kambuh yang mungkin perlu anda tahu :

  1. Gangguan Tidur.
  2. Suara Serak.
  3. Mual Bahkan sampai Muntah.
  4. Kerusakan pada Gigi.
  5. Bau mulut.
  6. Gangguan Pernafasan, Seperti sesak nafas dan batuk.

Nah jika anda sudah tau gejala awal penyakit gerd, maka perlu diketahui juga bagaimana pencegahan-nya secara alami. Berikut pencegahan agar tidak terkena penyakit GERD secara alami :

Tips Pencegahan Penyakit GERD Secara Alami

GERD disebabkan beberapa hal sepele yang harusnya bisa Anda hindari, terutama setelah mengetahui tips-tips berikut ini. Penyebabnya antara lain makan yang terlalu banyak dalam satu waktu, makan makanan yang memicu naiknya asam lambung, hingga kegemukan atau obesitas.

Tinggikan Bantal Anda

Dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari perut, presentasi asam lambung naik bisa dikurangi. Apalagi jika Anda makan sebelum tidur, sebaiknya tunggu satu jam kemudian baru berbaring untuk tidur.

Pastikan pula tubuh Anda tidak dalam posisi yang membungkuk sehingga menambah tekanan pada bagian perut.

Mengurangi Makanan yang Memicu Naiknya Asam Lambung

Terdapat beberapa makanan yang apabila dimakan secara berlebihan, mengakibatkan asam lambung naik. Makanan tersebut adalah coklat, merica, kopi, kafein, jus jeruk, makanan berlemak dan bersantan hingga makanan yang mengandung bawang dan tomat di dalamnya.

Hindari Pakaian yang Ketat

Tips mencegah penyakit GERD selanjutnya adalah tidak memakai pakaian yang ketat. Pakaian jenis ini akan menekan perut Anda, sehingga asam lambung terpicu untuk naik ke atas menuju eksofagus.

Sebaiknya gunakan pakaian yang longgar, terutama ketika hendak makan agar perut memiliki ruang untuk mengembang.

Turunkan Berat Badan

Jika Anda mengalami obesitas dan tubuh Anda memiliki massa indeks yang diatas batas normal, ada baiknya Anda mulai melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Serta mengganti gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Berat badan berlebih akan membuat katup bagian bawah eksofagus melemah dan membuat asam lambung  naik ke kerongkongan  dengan cepat.

Kurangi dan Hindari Rokok

Merokok merupakan penyebab gejala awal GERD yang sering terjadi. Tips mencegah penyakit GERD ini sering disarankan oleh dokter, karena rokok memiliki dampak yang buruk bagi asam lambung.

Seperti mengurangi air liur, melemahkan eksofagus bagian bawah serta menyebabkan garam empedu masuk ke perut dari usus.

Hindari Stress

Stress juga bisa menjadi pemicu GERD. Karena ketika stress, hormon yang dihasilkan tubuh menjadi tidak seimbang. Kadangkala ketika stress, terjadi penambahan kadar asam lambung sehingga lambung menjadi penuh. Kontrol stress Anda dan mulailah hidup yang lebih sehat.

6 tips mencegah penyakit GERD diatas merupakan cara-cara alami yang bisa Anda jadikan kebiasaan untuk mengurangi kambuhnya penyakit ini.

Apabila masih terus mengalami gejala awal GERD walaupun sudah menggunakan cara diatas, sebaiknya Anda menghubungi pihak medis untuk mendiagnosa dan menerima pengobatan lebih lanjut.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai Gejala awal penyakit GERD dan Pencegahan-nya Secara Alami. Semoga dengan ada-nya artikel ini, anda bisa lebih menggunakan cara alami untuk mengatasi penyakit dari dalam.

Sekian,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *