8 Tanda Tidak Subur dan Subur pada Wanita

Diposting pada

Bagi beberapa pasangan baru yang sedang mendamba adanya momongan dan dinyatakan tidak subur , adalah sesuatu yang sangat menakutkan. Berikut ini AdminSehat merangkum tanda wanita yang tidak subur yang perlu diketahui .

8 Tanda Wanita Tidak Subur :

  1. Haid yang tidak teratur atau bahkan tidak haid sama sekali

“Ketidakteraturan periode mestruasi menunjukan bahwa ada masalah pada bagian reproduksi dalam memproduksi sel telur. Hal ini bisa mengarah pada ketidaksuburan”, kutipan Dr. Jason. M. Franasiak dari Reproductibe Medicine Associates of Jersey. Kelenjar ituari, hipotalamus, dan ovarium bekerja secara bersama sama untuk memastikan wanita mendapat haid yang teratur setiap bulannya. Ketika hal tersebut tidak terjadi, maka itu dapat menunjukan adanya ketidakseimbangan hormone pada tubuh.

  1. Haid yang terasa sakit

Haid pada hari pertama akan terasa sakit dan pegal. Namun, itu merupakan hal yang wajar saat pada hari pertama dan hari kedua menstruasi. Tetapi apabila SobatSehat merasa sakit dalam kondisi menstruasi lebih dari 3 hari, hal tersebut bisa mengarah pada endometriosis yang menjadi salah satu factor ketidaksuburan. Oleh karena itu, jika haid terasa sakit lebih dari tiga hari, lebih baik segera konsultasikan ke dokter.

  1. Adanya gangguan penglihatan dan sering kali melakukan kecerobohan

Jika haid tidak teratur, ditambah adanya gangguan pada penglihatan tepid an selalu saja melakukan tindakan kecerobohan, maka hal tersebut adalah indikasi Prolactinoma. Prolactinoma bisa menekan optic chiasm sehingga penglihatan menjadi terganggu dan cenderung bisa melakukan tindakan kecerobohan.

  1. Rambut tumbuh yang berlebihan

Jika rambut yang ada pada tubuh SobatSehat tiba – tiba tumbuh denga lebat, bisa jadi SobatSehat menidap Polucytic Ovary Syndrome (PCOS) yang dapat menyebabkan hormon tidak seimbang. Ketidakseimbangan hormone ini bisa menyebabkan gangguan kesuburan. PCOS juga banyak diidap oleh wanita yang berbadan gemuk. Namun, bukan berarti wanita gemuk itu tidak subur.

  1. Tidak memiliki gairah seksual dan gangguan alat reproduksi

Jika pria mengalami kesakitan pada saat ejakulasi atan sulit membuat “pejantan kecilnya” untuk melakukan ereksi, itu bisa menandakan adanya gangguan pada kesuburan. Selain itu, adanya benjolan pada testikel juga bisa menjadi salah satu indikasi ketidaksuburan.

  1. Mengalami kerontokan rambut yang berlebihan

Masalah rambut rontok, sering kali dialami oleh wanita. Namun perlu diperhatikan, rambut rontok merupakan masalah yang wajar apabila kerontokan rambut masih normal.

Jika SobatSehat mengalami kerontokan rambut yang berlebihan, itu merupakan salah satu tanda dari kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif dapat menyebabkan rambut menipis karena kerontokan yang berlebihan. Disfungsi kelenjar tiroid juga dapat berdampak pada proses pembuahan. Sebuah penelitian menemuka bahwa 2.3% wanita dengan masalah kesuburan memilih hypertiroid.

  1. Berat badan yang tidak seimbang

Menurut penelitian, berat badan yang tidak seimbang atau berat badan yang berlebihan sebelum SobatSehat hamil akan mempengaruhi tingkan kesuburan SobatSehat. Selain itu, apabila SobatSehat mengalami kekurangan berat badan, atau memiliki tubuh yang terlalu atlestis, hal tersebut juga dapat menyebabkan haid yang tidak teratur dan dapat mengarah pada ketidaksuburan.

Oleh karena itu sobat, tetap jaga keseimbangan berat badan denga menjaga kesehatan tubuh. Makan dan berolahraga secukupnya.

  1. Terasa sakit saat berhubungan intim

Rasa sakit yang dirasakan wanita pada saat penetrasi ketika berhubungan intim disebabkan karena vagina yang kering. Hal ini menunjukan kurangnya hormone esteroge yang mengatur siklus menstruasi dan bisa mengacaukan program kehamilan Sobat dengan pasangan.

Apabila sobatsehat mencurigai adanya gejala ketidaksuburan dari ciri-ciri diatas, tidak perlu dikawatirkan terlebih dahulu. Karena memang masa menstruasi yang dialami beberapa wanita tidak selalu teratur. Berikut AdminSehat juga merangkum ciri-ciri kesuburan pada wanita yang perlu menjadi perhatian, antara lain.

8 Tanda Wanita Subur :

  1. Cairan vagina yang banyak dan berwarna bening

Mendekati jadwal haid, sobatsehat pasti akan mengalami banyak cairan vagina keluar dan berwarna bening serta tidak berbau. Tidak perlu kawatir, karena hal ini menandakan bahwa sobatsehat sedang berada dalam masa subur.

Selain itu, cairan vagina tersebut juga menandakan bahwa kelenjar serviks sobatsehat dalam keadaan sehat dan tubuh memproduksi hormone esterogen dengan baik.

  1. Darah haid yang keluar tidak terlalu banyak

Tubuh yang subur memiliki dinding Rahim yang tebal agar embrio janin bisa melakukan implantasi dengan mudah Setelah pembuahan. Hal ini ditandai dengan darah menstruasi yang tidak terlalu banyak maupun tidak terlalu kental. Apabila sobat sehat mengalami pendarahan berlebih pada saat haid, hal itu bisa menipiskan dinding Rahim yang membuat embrio susah untuk melakukan implantasi Setelah pembuahan.

  1. Memiliki bentuk payudara yang bagus

Bentuk dan ukuran payudara ternyata dapat berpengaruh pada hormone sobat sehat. Bentuk oayudara yang baik menandakan bahwa hormone di dalam tubuh bekerja dengan baik. Namun, bukan berarti bahwa berarti perempuan dengan kecil tidak subur. Hanya saja, wanita dengan payudara berbentuk bulat sempurna memiliki peluang untuk hamil lebih tinggi.

  1. Tidak pernah mengakani sakit di area pelvis

PMS dan kram saat haid berbeda dengan sakit di area pelvis. Pelvis merupakan tulang kemaluan yang berbentuk V. Jika anda mengalami sakit yang berlebihan di area pelvis dalam jangka waktu yang Panjang, itu bisa menhadi tanda kista ovarium atau endometriosis. Mereka yang tubuhnya memiliki tingkat kesuburan yang tinggi, tidak akan pernah mengalami sakit di area pelvis.

  1. Memiliki catatan kesehatan yang baik

Apabila sobat sehat seringkali berkonsultasi dengan dokter Sebelum menikah dan tidak pernah mengalami penyakit yang mempengaruhi kesuburan, maka sangat memungkinkan sobatsehat untuk hamil dengan cepat.

  1. Bisa “menularkan” haid pada teman

ada mitos yang meyakini jika seorang perempuan sedang haid yang menginjak jempol kaki teman perempuan lainnya, maka teman tersebut akan segera mendapat haid dalam jangka waktu dekat.

Wanita yang sangat subur, memiliki hormone feromon yang kuat sehingga dapat mempengaruhi teman lainnya. Feromon yang kuat bisa mempengaruhi siklus menstruasi orang lain adalah ssalah satu tanda kesuburan pada tubuh wanita.

  1. Menstruasi yang sangat teratur setiap bulan

Jadwal menstruasi yang teratur dan bisa diprediksi tepat waktu setiap bulan menandakan bahwa tubuh sobat sehat itu subur. Haid dating secara rutin setiap 25-35 hari.

Selain itu, siklus haid yang Panjang menandakan bahwa sobatsehat memiliki cadangan ovarium yang kuat sehingga memiliki banyak sel telur yang disimpan. PMS, payudara yang sensitive, dan kram yang dialami saat haid juga menandakan bahwa tubuh sobatsehat itu subur.

  1. Cepat hamil walau tanpa promil

Tanda kesuburan lain bagi sobat sehat yang sudah menikah adalah “kebobolan” saat menggunakan alat kontrasepsi. Itu berarti tubuh sobatsehat sanghat subur sehingga alat kontrasepsi pun tidak mempan.

Nah.. semoga dengan adanya informasi mengenai 8 tanda ketidak suburan dan kesuburan pada wanita, dapat membantu sobat-sobat haisehat.com. Hidup sehat dan bahagia selalu ya sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *